Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Google Drive

Saat ini ada banyak penyimpanan berbasis cloud yang memberikan layanan gratis, salah satunya adalah google drive. Layanan tersebut dapat kamu manfaatkan untuk menyimpan berbagai macam file dengan aman dan tidak akan hilang kecuali pemilik file yang menghapus file tersebut.

Selain itu kamu juga dapat mengakses file yang tersimpan di google drive dimanapun dan kapanpun asalkan perangkat yang kamu gunakan terhubung dengan jaringan internet. Memiliki koneksi internet merupakan hal yang wajib jika ingin menggunakan layanan google drive. Hal tersebut dikarenakan penyimpanan goolge drive berbasis cloud.

Untuk lebih jelas mengenai layanan google drive, simak penjelasan mengenai pengertian, fungsi dan cara menggunakan google drive berikut ini.

Pengertian Google Drive

Apa yang dimaksud dengan google drive? Google drive adalah layanan penyimpanan berbasis cloud yang didirikan oleh perusahaan google pada tahun 2012. Layanan tersebut dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja yang memiliki akun gmail.

Google drive telah mendukung banyak format file sehingga kamu dapat menyimpan file dokumen, foto, video dan berbagai macam jenis format file lainnya.

Google drive juga memberikan layanan penyimpanan sebesar 15 GB untuk setiap pengguna gmail. Artinya untuk satu akun gmail akan mendapatkan gratis penyimpanan cloud sebesar 15 GB. Jika ingin kapasitas penyimpanan lebih besar, kamu harus membayar dengan nominal tertentu sesuai dengan kapasitas yang di inginkan.

Untuk harga penyimpanan gogle drive sebagai berikut

  • Kapasitas 100 GB : IDR 26,900/bulan atau IDR 269,000/tahun
  • Kapasitas 200 GB : IDR 43,000/bulan atau IDR 430,000/tahun
  • Kapasitas 2TB : IDR 135,000/bulan atau IDR 1,350,000/tahun
Dibandingkan dengan aplikasi penyimpanan selain google drive lainya. Harga yang ditawarkan oleh google drive tergolong cukup murah.

Fungsi Google Drive

Sebagai layanan penyimpanan file berbasis cloud, google drive memiliki beberapa fungsi. Apa saja fungsi google drive? 

1. Menyimpan File

Fungsi utama dari google drive yaitu untuk menyimpan file. Kamu dapat menyimpan file mulai dari ukuran kecil hingga besar dengan sangat mudah.

Dengan kapastitas gratis penyimpanan 15 GB kamu bisa menyimpan banyak file sekaligus tanpa perlu memikirkan biaya bulanan yang harus dibayar.

Selain menyimpan file terdapat fungsi lain dari google drive seperti berikut ini

2. Berbagi File

Salah satu keunggulan dari google drive adalah berbagi file. Kamu dapat membagikan file yang kamu simpan dengan menggunakan link.

Jika kamu ingin membagikan file yang ada di google drive terdapat tiga pilihan pengaturan sharing yang bisa kamu gunakan yaitu, viewer, editor, comenter. 

  • Untuk viwer setiap orang hanya dapat melihat file yang diupload dan bisa mendownloadnya.
  • Editor - orang lain dapat melakukan perubahan data pada file yang disimpan
  • Comenter - orang lain dapat memberikan komentar pada file yang kamu bagikan

3. Backup Data

Jika kamu sering mengalami kehilangan data sebaiknya lakukan backup data secara rutin. Untuk membackup data kamu bisa menggunakan google drive sebagai media penyimpanannya.

Kamu juga bisa mencadangkan pesan wahtasapp ke google drive agar tidak hilang jika sewaktu-waktu dibutuhkan kembali.

Apakah Google Drive Aman?

Dengan teknologi yang dimiliki oleh google, layanan google drive sangat aman digunakan. File yang kamu upload di google drive akan disimpan pada server data dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Meskipun smartphone atau komputer kamu hilang atau rusak, kamu masih dapat mengakses file yang tersimpan di google drive dari perangkat lain.

Cara Menggunakan Google Drive di Android

Cara menggunakan google drive sangat mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini

  1. Buka aplikasi google drive
  2. Klik icon + pada aplikasi
  3. Pilih upload
  4. Pilih dan tekan file yang ingin di upload
  5. Tunggu proses upload selesai

Cara Menggunakan Google Drive di Komputer

Di komputer, Anda dapat mengupload dari drive.google.com atau desktop. Anda dapat mengupload file ke folder pribadi atau folder bersama.

  1. Di komputer, buka drive.google.com
  2. Di kiri atas, klik Nek
  3. Upload File atau Upload Folder
  4. Pilih file atau folder yang ingin diupload.
Selain menyimpan file, kamu juga bisa menggunakan langkah diatas untuk menyimpan aplikasi di google drive.

Kesimpulan

Google drive media penyimpanan cloud yang aman digunan. Dengan kapasitas yang cukup besar kamu dapat menyimpan berbagai macam file secara gratis. Itulah informasi mengenai pengertian, fungsi dan cara mengunakan google drive semoga dapat bermanfaat bagi yang membaca. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel