Cara Membuat Google Sheet Dari Laptop atau Komputer

Cara membuat google sheet yang bisa di edit semua orang merupakan hal yang mudah. Ikuti panduan membuat google sheet dari laptop atau komputer berikut ini.

Google sheet atau yang biasa disebut dengan google spreadsheet merupakan aplikasi excel online yang digunakan untuk menunjang sebuah pekerjaan. Meskipun begitu banyak orang yang bingung bagaimana cara membuat dan menggunakan google sheet.

Google sheet banyak digunakan untuk membuat dokumen dalam bentuk perhitungan, laporan data, atau kegiatan lain yang berhubungan dengan pendataan. Selain itu google sheets juga sering digunakan untuk membuat dokumen yang bisa di akses oleh banyak orang secara online.

Fitur Google Sheet

Google sheet memiliki fitur yang hampir sama dengan aplikasi excel, namun memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Berikut ini beberapa fitur google sheet yang perlu diketahui bagi para penggunanya.

1. Import data

Jika kamu memiliki file excel dan ingin diakses pada google sheet, maka tidak perlu membuat ulang file tersebut. Cukup menggunakan fitur import data yang tersedia pada google sheet, maka file excel akan tersalin otomatis ke google sheet dan bisa langsung kamu gunakan. 

2. Sharing dengan orang lain

Fitur menarik yang dimiliki oleh google sheets adalah sharing dengan orang lain. Jadi setiap dokumen yang di buat menggunkan google sheets dapat di edit oleh orang lain secara realtime.

Fitur ini sangat berguna untuk sebuah pekerjaan yang dilakuan secara bersama-sama namun terhalang oleh jarak. 

3. Menambahkan extension

Fitur yang tidak kalah penting pada google sheet adalah extension. Extension merupakan program tambahan yang dapat digunakan untuk menunjang penggunaan google sheet agar lebih optimal.

Extension google sheet dapat kamu gunakan sesuai dengan keperluan pembuatan dokumen.

Baca Juga :

Cara Membuat Google Sheet

Jika kamu sudah terbiasa bekerja dengan aplikasi excel, menggunakan google sheet bukan perkara yang sulit. Karna pada dasarnya google sheet memiliki cara penggunaan yang sama dengan aplikasi excel yang sering kamu pakai.

Sebagai catatan, untuk membuat google sheet membutuhkan akun gmail. Oleh karna itu sebelum menggunakna google sheet sebaiknya login terlebih dahulu ke akun gmail milikmu.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka docs.google.com/spreadsheets/

Akan tampil gambar seperti diatas jika kamu baru pertama kali membuka dan menggunakan google sheet.

2. Klik blank untuk membuat dokumen baru

Google sheet memiliki tampilan dan simbol yang sama dengan aplikasi excel, hal tersebut memungkinkan para pengguna baru mengerti dengan cepat fungsi dan fitur yang tersedia pada google sheet.

Pada halaman tersebut kamu dapat langsung bekerja dan membuat google sheet untuk pekerjaan yang sedang dilakukan.

Membuat tabel

  • Seleksi kolom dan baris yang ingin dibuat tabel
  • Klik icon border

Download File Excel

  • Klik File pada aplikasi
  • Pilih download
  • Kemudian pilih format file yang di inginkan, xlsx, pdf atau ods

Share Dokumen

  • Klik file
  • Pilih share
  • tentukan permission levels, misalkan “View only” hanya melihat atau “Can edit” dapat mengedit file-nya secara langsung

Itulah beberapa informasi mengenai cara membuat google sheet dari laptop atau komputer yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel