Cara Mencari Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa

Cara mencari siaran tv digital dengan antena biasa - Mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menggunakan set top box (STB) dan TV digital dengan perangkat penerima DVB-T2.

Siaran televisi digital menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi akan menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih dan canggih.

Saat ini pengguna tv analog dianjurkan untuk mengganti ke tv digital, karna diwilayah indonesia siaran tv analog akan di berhentikan oleh pemerintah selambat-lambatnya tanggal 22 November 2022.

Dalam masa peralihan ke siaran televisi digital, masyarakat tetap bisa untuk menonton siaran televisi analog namun sangat dianjurkan untuk mulai merubah tangkapan sinyal antena di rumah dari siaran analog ke digital.

Lantas bagaimana caranya mencari siaran TV digital dengan antena biasa ? Apa saja manfaatnya ?

Baca Juga :

Cara Mencari Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa

Mencari siaran TV digital dengan antena biasa bisa dilakukan dengan menggunakan dua skema, yaitu TV analog dengan bantuan set top box (STB) atau dekorder dan TV digital dengan perangkat penerima DVB-T2.

Caranya

  1. Pastikan di daerah anda sudah terdapat siaran televisi digital
  2. Gunakan antena rumah biasa, yaitu antena UHF atau antena dalam rumah
  3. Pastikan perangkat TV anda sudah dilengkapi penerima siaran digital DVB-T2
  4. Jika Televisi hanya bisa menerima siaran analog pasang set top box (STB)
  5. Setelah perangkat televisi tersambung pilih opsi pengaturan / setting
  6. Pilih auto -scan untuk memindai program siaran TV digital
  7. Untuk tipe dekorder / set-top-box tertentu pengguna akan diminta memasukan kode pos wilayahnya.

Harga Set Top Box (STB)

Masyarakat tidak harus membeli TV baru untuk dapat menikmati siaran TV digital. TV model lama, seperti model tabung, masih bisa digunakan untuk menonton siaran TV digital, asalkan dilengkapi dengan Set Top Box (STB) yang mampu menangkap sinyal DVB-T2.

Harga STB atau dekoder DVB-T2 berada di kisaran Rp 200.000. Untuk mengecek tipe STB atau TV digital yang mampu menangkap sinyal DVB-T2, dapat dicek melalui tautan berikut ini: https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi

Apa beda TV analog dan TV digital?

Diberitakan Kompas.com, Direktur Penyiaran Kominfo Geryantika Kurnia mengatakan, baik TV analog maupun TV digital dapat diterima dengan antena terestrial.

Salah satu perbedaan, sinyal yang dipancarkan yaitu berupa sinyal analog dan sinyal digital.

"Ketika sudah diterima pada perangkat TV, maka TV digital terlihat signifikan perbedaan kualitas gambar dan suaranya lebih jernih dan tidak berbintik seperti di TV analog," ujar dia.

Dikutip dari Lifewire, sinyal TV analog ditransmisikan mirip dengan sinyal radio.

Pada TV analog, sinyal video ditransmisikan dalam AM, sedangkan audio ditransmisikan dalam FM.

Sayangnya, sinyal tersebut dapat mengalami gangguan, tergantung pada jarak dan lokasi geografis TV yang menerima sinyal.

Selain itu, jumlah bandwidth yang ditetapkan ke saluran TV analog membatasi resolusi dan kualitas gambar secara keseluruhan.

Berbeda dari TV analog, TV digital ditransmisikan sebagai bit data infomrasi, seperti halnya data komputer pada CD atau DVD.

Sinyal digital terdiri dari 1s dan 0s yang berarti hidup atau mati.

Artinya, jika TV berjarak terlalu jauh dari pemancar atau berada di lokasi yang tidak diinginkan, siaran TV tidak dapat diakses.

Perbedaan lainnya adalah transmisi TV digital mendukung format rasio layar 16:9. Hal ini memungkinkan untuk menonton film

Perangkat TV dengan rasio aspek 16:9 dapat menampilkan gambar layar tanpa banyak ruang gambar yang diambil oleh bilah hitam di bagian atas dan bawah gambar layar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel