Cara Mengatasi Google Sheet Tidak Bisa Dibuka

Tidak dapat membuka google sheet - Mengatasi pesan "Terjadi Masalah. Harap muat ulang" atau "Tidak dapat memuat file" pada google Spreadsheet. Ikuti panduan lengkap penyelesaian masalah dibawah ini.

Google sheet yang tidak bisa ketika ingin mengedit file atau melihat dokumen yang dibagikan memang membuat kesal sebagian orang, terlebih file google sheet tersebut sangat penting dan sedang urgent.

Google spreadsheet tidak dapat diakses biasanya menampilkan pesan " Terjadi Maslah. Harap muat ulang" atau "Tidak dapat memuat file". Pesan tersebut muncul biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

Penyebab Tidak Google Sheet Tidak Bisa Dibuka

Dilangsir dari androsiana.com untuk mengatasi google sheet yang tidak bisa dibuka, alangkah baiknya jika kalian mengetahui penyebab muncul pesan error pada google sheet. 

1. Koneksi jaringan

Koneksi jaringan yang bermasalah biasanya mengakibatkan google sheet tidak dapat memuat file, sehingga muncul pesan tidak dapat memuat file.

Jika disebabkan oleh jaringan, kamu cukup menggunakan koneksi yang stabil untuk mengedit atau akses google sheet. Namun jika masih terdapat pesan yang sama setelah memperbaiki jaringan, biasanya disebabkan oleh hal yang lain.

2. Browser belum update

Seperti yang kita ketahui, google terus melakukan pembaharuan pada layanan yang mereka miliki, sehingga terkadang tidak dapat diakses oleh perangkat yang belum update.

Agar dapat mengakses google sheet, pastikan perangkat browser yang kamu gunakan sudah versi terbaru. Jika belum update biasanya akan muncul pesan error Terjadi masalah. Harap muat ulang.

3. Link tidak sesuai

Penyebab google sheet tidak bisa dibuka yang terahir ini disebabkan salah share link alias human error. Meskipun jarang terjadi namun tidak menutup kemungkinan bahwasanya link yang dibagikan salah. Oleh karna itu kamu bisa menanyakan apakah link google sheet tersebut benar atau salah.

Baca juga :

Cara Mengatasi Google Sheet Tidak Bisa Dibuka

Jika file google sheet tidak bisa dibuka jangan langsung panik. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hal tersebut.

Berikut langkah-langkah untuk mengatasi google sheet tidak bias dibuka.

1. Tunggu lima menit dan muat ulang

Jika kamu melihat pesan error pada google sheet, biasanya masalah tersebut akan teratasi dengan sendirinya tanpa harus melakukan apapun. 

Kamu cukup menunggu lima menit kemudian muat ulang file google sheet.

2. Gunakan Browser Berbeda

Terkadang masalah terjadia pada browser yang kamu gunakan untuk akses file. Cobalah gunakan browser yang berbeda untuk membuka google sheet dan lihat bagaimana hasilnya.

3. Hapus Cache Browser

Browser terkadang "mengingat" halaman tertentu agar dapat memuatnya dengan cepat. Dalam prosesnya, browser mungkin mengingat halaman error dan terus menampilkannya kepada Anda serta memicu pesan error. Anda dapat membantu mereset hal ini dengan menghapus cache dan cookie.

4. Memecahkan masalah pesan error: “Maaf, file yang Anda minta tidak ada”

Jika Anda mendapatkan pesan error “Terjadi error”, Anda mungkin kemudian akan mendapatkan pesan error “Maaf, file yang Anda minta tidak ada”. Jika demikian, berarti Anda tidak memiliki cukup ruang Google Drive. Untuk menambahkan ruang

5. Minta akses edit

Terahir jika kamu tidak dapat membuka file google sheet, cobalah untuk minta akses pengeditan kepada pemilik file. Untuk beberapa kasus terkadang google sheet tidak dapat diakses disebabkan oleh pengaturan sharing oleh pemilik file

Itulah informasi mengenai cara mengatasi google sheet tidak bisa dibuka, semoga dapat bermanfaat bagi semua yang membaca artikel ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel