Cara Memblokir Aplikasi di Playstore, Pasti Berhasil

Cara memblokir aplikasi di playstore - Ada banyak cara yang dapat digunakan oleh orang tua untuk membatasi penggunaan smartphone, salah satunya dengan memblokir aplikasi tertentu di playstore.

Playstore merupakan sebuah market aplikasi android dimana para penggunan dapat mendownload berbagai macam game, aplikasi, ebook dan lain sebagainya secara gratis.

Kamu bisa mendownload aplikasi seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok bahkan game android yang sekarang ini sedang viral atau banyak dimainkan oleh orang-orang.

Dengan banyaknya aplikasi yang ada di playstore terdapat beberapa aplikasi atau game yang tidak pantas digunakan oleh anak-anak kita. Oleh karna itu sebagai orang tua wajib memblokir aplikasi tersebut agar tidak bisa di download di hp yang mereka gunakan.

Memblokir aplikasi di playstore dapat dilakukan dengan sangat mudah. Hal tersebut dikarenakan playstore memiliki fitur Parental Control yang berfungsi untuk membatasi aplikasi tertentu yang sekiranya tidak pantas digunakan oleh anak-anak.

Baca Juga :

Cara Memblokir Aplikasi di Playstore

Cara blokir aplikasi di playstore dengan menggunakan fitur Parental Control sehingga aplikasi tidak dapat di download oleh anak-anak.

1. Buka aplikasi playstore

Silahkan buka aplikasi playstore di hp android yang digunakan oleh anak kita.

2. Klik icon photo pada pojok kanan atas

Setelah aplikasi playstore terbuka, silahkan klik icon foto profil yang terletak di pojok kanan atas, nantinya akan muncul beberapa pilihan menu.

3. Pilih Setelan

Selanjutnya klik setelan pada pengaturan google play.

4. Pilih Family

Pada menu family ini kamu dapat memblokir aplikasi yang tidak pantas untuk anak-anak, Silahkan klik icon panah bawah pada menu Family dan terdapat beberapa menu seperti Sign Up For Family Library, Parental Contril dan Parent Guide.

5. Pilih Parental Control

Setelah klik parental control, selanjutnya ikuti langkah dibawah ini

6. Ubah Parental Control Menjadi On


Dengan mengaktifkan parental control di hp playstore, kini aplikasi yang memiliki rating 18+ tidak akan muncul di pencarian aplikasi playstore.

Keterangan rating pada aplikasi playstore

Saat melakukan pemblokiran aplikasi di playstore, kamu akan memilih rating aplikasi rating berapa yang ingin di blokir. Untuk penjelasan aplikasi silahkan simak dibawah ini.

RatingKeterangan
3+Semua aplikasi & game cocok untuk semua umur. Jika ada konten kekerasan atau fantasi masih dalam wajar dan bahasa buruk tidak diizinkan.
7+Aplikasi & game hanya berisi adegan maupun suara yang hanya menakutkan bagi anak – anak. Konten kekerasan masih ringan atau tersirat dan diizinkan
12+Aplikasi & game terdapat kekerasan yang melibatkan karakter non-grafis dan fantasi (Manusia dan Hewan) masih diizinkan. Bahasa kasar masih ringan, ketelanjangan hanya non-grafis, perjudian diizinkan. Akan tetapi bahasa kasar seksual tidak diizinkan.
16+Aplikasi & game yang berupa kekerasan realistus, seksual, pembullyan, penggunaan obat-obatan maupun gambaran kriminal diizinkan.
18+Aplikasi & game yang berisi kekerasan garfis dan kekerasan seksual diizinkan. Konten seksual grafis, perbuatan diskriminasi dan penggunaan obat-obatan terlarang diizinkan.
Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara memblokir aplikasi di playstore pasti berhasil yanng dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel