Cara Mengaktifkan Berbagi Link Google Drive File dan Folder

Cara mengaktifkan berbagi link google drive - Berbagi link file di google drive dapat dilakukan dengan sangat mudah hanya dengan beberapa langkah berikut ini.

Sebagai media penyimpanan berbasis cloud, google drive memiliki fitur untuk berbagi file dan folder dengan menggunakan link yang telah dibuat sebelumnya. Link tersebut nantinya dapat di akses sesuai dengan tingkatan akses yang ditentukan oleh pemilik file.

Agar file yang kalian simpan dapat di akses oleh semua orang, terlebih dahulu harus mengaktifkan fitur "berbagi link" atau link sharing pada file tersebut.

Terdapat tiga jenis tingkatan akses berbagi link google drive, yaitu viewer, commenter, dan editor yang kesemuanya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kamu dapat menggunakan pilihan tersebut untuk mengontrol file yang dibagikan.

  • Viewer/Melihat - Pada pilihan ini, isi dokumen hanya dapat dilihat dan di download. Viewers tidak dapat menambahkan komentar atau mengedit dokumen.
  • Commenter/Komentar - Orang lain dapat memberi komentar pada dokumen namun tidak bisa mengedit isi dokumen
  • Editor - Pada pilihan ini, setiap orang yang mengakses file melalui link yang dibagikan dapat melihat isi dokumen, mengomentari dan mengedit isi dokumen.

Dengan mengetahui pilihan tersebut, kamu dapat mengatur akses file sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Mengaktifkan Berbagi Link Google Drive

Untuk mengaktifkan berbagi link file dan folder google drive, ikuti langkah-lankah berikut ini dengan cermat.

Cara Mengaktifkan Berbagi Link Google Drive Android

  1. Buka google drive di android
  2. Pilih file atau folder yang ingin di bagikan
  3. Klik icon titik tiga yang berada disamping file atau folder
  4. Klik menu share
  5. Pilih Anyone with the link
  6. Kemudian pilih ikon segitiga kecil di sebelah kanan untuk mengontrol pengakses, apakah hanya bisa melihat, mengomentari, atau ikut menyunting file.
  7. Salin link dan dapat langsung kamu bagikan

Jika kamu ingin mengaktifkan berbagi link melalui pc/laptop silahkan ikuti pandan dibawah ini dengan benar.

Baca Juga :


Mengaktifkan Berbagi Link Google Drive di Laptop

  1. buka https://drive.google.com
  2. Login menggunakan Akun Google
  3. Klik pada File/Folder yang ingin dibagikan, lalu klik pada icon yang diberi tanda panah.
  4. Setelah berbagi link aktif akan muncul link dari folder ataupun file
  5. Pastikan telah memilih option/pilihan 'Anyone with the link'agar siapapun dapat mengakses link yang dibagikan, dan untuk menyalinnya klik 'Copy Link'.
  6. Selesai

Itulah beberapa langkah singkat yang dapat kamu gunakan untuk berbagi link file google adsense. Namun terkadang saat ingin berbagi file muncul masalah tidak dapat merubah setelan berbagi. 

Mengatasi Tidak Dapat Mengubah Setelan Berbagi Google Drive

Tidak dapat mengubah setelan berbagi file google drive memang sanhat menyabalkan, terlebih jika file tersebut sangat penting. Namun jangan khawatir, kamu dapat mengatasi hal tersebut dengan cara ini

1. Hapus cache

Jika kamu menggunakan komputer/laptop hapus cache browser yang digunakan untuk mengakses google drive. Biasanya dengan langkah ini masalah tersebut sudah bisa terselesaikan, namun jika belum gunakan cara lain dibawah ini

2. Login ulang

Silahkan login ulang perangkat gmail yang ada pada browser atau aplikasi google drive yang kamu gunakan. Dengan cara tersebut akan merefresh ulang google drive yang kalian gunakan.

3. Install ulang aplikasi google drive

Cara ini dapat kamu gunakan jika menggunakan aplikasi google drive di andorid. Silakhan uninstall google drive kemudian install kembali dan lihat bagaimana hasilnya.

Itulah informasi mengenai cara mengaktifkan berbagi link google drive yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel