Cara Mengatasi Smart TV Tidak Bisa Connect Wifi

Smart tv dilengkapi dengan fitur untuk terhubung ke jaringan wifi. Namun bagaimana jika smart tv tidak bisa connect wifi? Jika mengalami masalah tersebut jangan panik, gunakan cara mengatasi smart tv tidak bisa terhubung ke jaringan wifi pada artikel berikut ini.

Smart tv merupakan tv yang dapat terhubung kejaringan wifi. Kalian dapat menikmati berbagai macam aktifitas seperti menonton video youtube, mendengarkan musik bahkan bermain game layaknya menggunakan smartphone.

Namun terkadang terdapat beberapa masalah yang kerap dialami oleh pengguna smart tv yaitu tidak bisa terhubung ke jaringan wifi.

Baca Juga : 

Penyebab smart tv tidak bisa terhubung ke wifi

Jika smart tv tidak mau terhubung ke jaringan internet jangan buru-buru untuk mengklaim bahwa tv kamu rusak dan beli yang baru. Bisa jadi maslah tersebut disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut ini.

1. Jaringan internet bermasalah

Jaringan internet yang berasal dari provider atau layanan internet lain jika mengalami gangguan akan menyebabkan tidak bisa terhubung ke internet.

Coba perikasa dengan menggunakan perangkat androd yang kamu miliki, jika tidak terhubung ke jaringan wifi maka jaringan internet memang sedang ada gangguan.

2. Terlalu jauh dari jangkauan sinyal wifi

Letak smart tv yang terlalu jauh dengan jangkauan akses point akan menyebabkan sinyal yang diterima semangkin lemah. Sehingga dapat menyebabkan smart tv tidak bisa terhubung ke wifi.

3. Versi software lawas

Penyebab smart tv tidak bisa connect ke wifi bisa jadi dikarenakan software atau firmware sudah lama tidak di update. Oleh karna itu periksa pembaruan perangkat dengan mengecek Pengaturan > Dukungan > Pembaruan perangkat lunak > Perbarui Sekarang.


Mengatasi Smart tv tidak bisa connect wifi

Smart tv tidak bisa terhubung wifi terkadang membuat kita jengkel, terlebih disaat ingin menikmati waktu bersantai dengan menonton tv.

Jika kamu mengalami maslah tersebut coba lakukan beberapa cara perbaiki smart tv tidak bisa connect wifi berikut ini.

1. Periksa Router

Periksa router internet yang kalian gunakan, bisa jadi masalah tersebut diakibatkan oleh router yang tidak berfungsi dengan baik. Untuk memeriksanya, kalian dapat mengikuti langkah dibawah ini

  • Periksa kabel dan pastikan telah tersambung dengan benar
  • Hhubungkan perangkat lain ke router, jika berhasil terhubung berarti Smart TV Anda bermasalah atau sebaliknya.
  • Matikan router dengan cara mencabut kabel power yang terhubung, kemudian pasangkan kembalali. Hal tersebut berfungsi untuk merestart router jaringan yang kita miliki

2. Rubah DNS Wifi

Jika smart tv masih tidak terhubung ke jaringan wifi, coabalah untuk merubah DNS (Domain Name Server) yang ada pada smart tv.

Rubah dns yang ada pada sistem smart tv dengan cara berikut :

  • Pada remote TV, klik tombol Home/Beranda.
  • Buka menu Pengaturan/Settings.
  • Pada opsi General/Umum pilih menu Network atau Jaringan.
  • Lalu pilih Network Status > IP Settings.
  • Ubah status DNS dari [Auto] ke [Manual]. Terakhir, ubah nomor DNS menjadi "8.8.4.4 atau 8.8.8.8".

3. Reset Pengaturan Pabrik

Reset pengaturan pabrik merupakan opsi terahr yang dapat kamu gunakan, namun biasanya dengan cara ini ampuh untuk mengatasi smart tv tidak bisa connect ke wifi.

Jika kamu melakukan reset ke pengaturan pabrik, maka smart tv akan kembali seperti awal saat membeli dan kamu harus menseting beberapa pengaturan agar smart tv dapat digunakan.

Ikuti langkah dibawah ini untuk mereset Smart TV:

  • Pada remote TV, klik tombol Home/Beranda.
  • Buka menu Pengaturan/Settings.
  • Lalu pilih Support > Self Diagnosis > Reset.
  • Masukan PIN default 0000 atau PIN yang sudah Anda atur sebelumnya, lalu pilih [YES].
  • Terakhir pilih [OK] untuk memulai pengaturan pabrik.
  • Secara otomatis Smart TV akan mati dan hidup sendiri.
Itulah informasi mengenai cara mengatasi smart tv tidak bisa terhubung ke jaringan wifi yang dapat kami bagikan. Semoga berhasil



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel