Cara Memperbaiki TV Warna Merah Menjadi Normal

TV dominan warna merah atau layar TV berwarna merah merupakan kerusakan yang umum terjadi. Lantas bagimana cara memperbaiki tv warna merah agar normal kembali? Simak ulasan artikel berikut ini.

Cara mempebaiki tv warna merah sebebarnya mudah untuk dilakukan, namun banyak teknisi yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Untuk mengatasi tv warna merah alangkah lebih baiknya jika mengetahui jenis kerusakan terlebih dahulu.

Layar TV berwana merah dapat digolongkan menjadi beberapa bagian seperti berikut.

  • Layar TV dominan warna merah namun beberapa saat kembali seperti normal
  • Layar TV warna merah keseluruhan dan tidak kembali normal

Kedua jenis kerusakan tersebut sebenarnya berasal dari sumber yang sama yaitu rangkaian RGB maupun IC Chroma.

Jika para teknisi menemui kasus tersebut, kalian dapat menggunakan beberapa tips atau langkah berikut untuk memperbaiki TV warna merah agar menjadi normal

Baca Juga :

Cara Memperbaiki TV Warna Merah

Cara memperbaiki tv warna merah merek polytron, LG, sharp, samsung 100% berhasil menggunakan cara berikut ini.

Periksa Solderan

TV warna merah dapat disebabkan oleh kondisi solderan pada komponen RGB yang kendor. Jika terdapat solderan yang kendor atau tidak berfungsi dengan baik segera solder ulang dan periksa kembali solderan yang para teknisi lakukan.

Pastikan tidak ada solderan yang menyatu terutama pada IC Chroma, karna jika menyatu akan menyebaban konslet dan membuat kerusakan tv semangkin parah.

Ukur Tegangan RGB

Pada rangkaian RGB terdapat resistor 3 buah, pada resister tersebut memiliki tegangan normal 1 watt. Ukurlah tegangan pada resistor tersebut, jika tegangan kurang dari 50 volt hal tersebut yang mengakibatkan tv berwana merah.

Ukur tegangan Basis transistor pada mesin RGB

Apabila setelah dilakukan pengukuran tegangan pada blok rgb semuanya dalam kondisi normal, maka langkah berikutnya ukur tegangan pada basis transistor yang terdapat pada mesin rgb.

egangan pada basis ada sekitar 1 V sd 3 V. Ukur tegangannya dan pastikan ada sekitar 3 V. Setelah di ukur tidak ada sama sekali, selanjutnya  Anda periksa kabel dari mesin rgb menuju mesin tv yang ada di dekat ic croma. Cek apakah kondisinya bagus tidak putus. Jika bagus Anda ukur lagi tegangan RGB OUT pada IC Croma.

Cek kerusakan IC Chroma

Untuk mengetahui kerusakan pada IC Chroma dengan mengukur tegangan RGB-OUT. Tegangan ini harus ada sekitar 4 VDC. 

Jika tidak ada tegangan sama sekali dapat kita simpulkan IC chroma tersebut sudah dalam kondisi rusak.

Ganti dengan type yang sama biasanya tv sudah bisa hidup normal kembali, dengan kata lain tidak ada masalah lagi dengan warna tv.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel