3 Cara Memperbaiki TV Bergaris Horizontal

Memperbaiki TV bergaris horizontal - Kerusakan TV bergaris horizontal sudah umum ditemui para teknisi. Kerusakan tersebut tidak hanya terjadi pada TV tabung saja namun Led dan LCD juga dapat mengalami hal serupa.

TV beragris horizontal ditandai dengan kondisi hidup namun terdapat garis memanjang secara horizontal yang berada ditengah. Garis horizontal yang muncul pada TV disebabkan oleh komponen vertikal yang mengalami kerusakan dan sebaliknya jika muncul garis vertikal maka komponen horizontal yang mengalami kerusakan.

TV muncul garis horizontal bisa juga disebabkan komponen elco yang kering disekitar IC Vertikal. Silahkan cek elco-elco yang ada dengan menggunakan alat tes elco esr meter analog. Dengan alat tersebut, sobat teknisi tidak perlu melepas eco untuk mengukur kondisi elco.

Memperbaiki TV bergaris horizontal sebenarnya sangat mudah, para teknisi pasti sudah hapal bagaimana caranya. Namun ada beberapa hal yang membuat para teknisi bingung bukan kepalang karna penyebab TV bergaris horizontal tidak diketahui.

Baca Juga : 

Cara Memperbaiki TV Bergaris Horizontal

Cara mengatasi tv bergaris horizontal secara umum dapat dilakukan dengan menggunakan cara mengukur B+ IC Vertikal, Mengukur tegangan Output IC Vertikal dan IC Chroma.

1. Ukur B+ IC Vertikal

Cara pertama yang dapat digunakan untuk memperbaiki tv bergaris horizontal adalah mengukur B+ IC Vertikal.

Secara normal tegangan B+ IC Vertikal harus 24 VDC. Jika tegangan kurang dari 24 VDC maka akan menyebabkan garis horizontal pada TV.

Untuk mengatasi hal tersebut, ukur sumber tegangan IC Vertikal yang berasal dari Flyback atau regulator. Jika terdapat tegangan pada sumber sedangkan B+ tidak ada, coba ukur seluruh komponen yang ada pada IC Vertikal. 

Kemungkinan ada salah satu komponen yang rusak sehingga arus tidak bisa tersalurkan dengan baik menuju B+.

2. Mengukur tegangan Output IC Vertikal

Tegangan output IC Vertikal antara 12 vdc hingga 24 vdc. Jika tegangan yang ada pada IC Vertikal melebihi 24 vdc maka bisa dipastikan dalam kondisi rusak.

Para teknisi dapat mengganti IC Vertikal dengan yang baru atau menggunakan IC Vertikal bekas yang masih berfungsi dengan baik. Dengan mengganti komponen tersebut biasanya TV akan kembali normal dan garis horizontal akan hilang.

3. Cek Kondisi IC Chroma

Bagi para teknisi cobalah untuk mengecek kondisi IC Chroma jika dengan kedua cara diatas masih tidak dapat memperbaiki tv bergaris horizotal. 

Ukur tegangan pada pin IC Chroma, tegangan yang dimiliki sekitar 0,2. Jika tidak ada tegangan yang terdeteksi cobalah untuk mengukur komponen yang ada disekitar IC Chroma. Jika semuanya dalam kondisi bagus silahkan ganti ic chroma dengan yang baru.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki TV bergaris horizontal yang dapat dilakukan.

Kondisi elco yang sudah tidak bagus sering membuat TV bergaris horizontal, oleh karna itu cobalah untuk memeriksa semua elco yang berada pada bagian IC Vertikal dan jika terdapat kerusakan silahkan ganti dengan yang baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel