Cara Mengatasi Aplikasi Youtube Smart TV Bermasalah

Cara mengatasi youtube bermasalah di smart tv atau android tv dengan 5 langkah mudah, 100% berhasil tanpa harus membawa smart tv ke tempat service.

Youtube smart tv terkadang sering bermasalah, hal tersebut membuat para pengguna smart tv bingung. pasalnya kerusakan aplikasi youtube secara tiba-tiba tanpa diketahui sebabnya.

Seperti yang kita ketahui, smart tv merupakan sebuah tv yang memiliki sistem operasi seperti smarthphone dan komputer. Dengan adanya sistem opertasi tersebut kamu dapat menonton video youtube, netflix, melakukan browsing dan lain sebagainya.

Penyebab Youtube Smart TV Bermasalah

Aplikasi youtube smart tv yang tidak bisa diakses bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti koneksi internet yang terputus. 

Oleh itu sebelum memperbaiki aplikasi youtube yang bermasalah alangkah lebih baik jika kita cari tahu terlebih dahulu penyebab kerusakan.

1. Koneksi jaringan

Periksa apakah koneksi jaringan yang digunakan oleh smart tv berfungsi dengan baik. Cobalah buka aplikasi lain atau gunakan smart tv untuk melakukan browsing.

Apabila tidak ada gangguan pada koneksi internet, kemungkinan aplikasi youtube bermasalah disebabkan oleh hal lain berikut ini. 

2. Cache Menumpuk

Setiap aplikasi yang digunakan pada smart tv memiliki cache yang tersimpan pada memori, termasuk aplikasi youtube. Jika cache yang tersimpan terlalu banyak dapat menyebabkan aplikasi youtube tidak bisa di akses.

3. Aplikasi belum update

Penggunaan aplikasi yang belum di update dapat membuat aplikasi youtube bermasalah sehingga tidak dapat di buka. Cobalah perksa apakah aplikasi youtube tersebut telah menggunakan versi terbaru atau belum.

Baca Juga : 

Mengatasi Aplikasi Youtube Smart TV Bermasalah

Aplikasi youtube yang bermasalah dapat membuat aktifitas bersantai menjadi terganggu. Kamu tidak dapat lagi menonton video di youtube atau mendengarkan lagu melalui smart tv.

Berikut cara yang dapat digunakan untuk mengatasi aplikasi youtube bermasalah

1. Periksa Koneksi Jaringan

Koneksi jaringan terkadang menjadi penyebab youtube tidak bisa memutar video di smart tv. Hal ini dapat disebabkan karna provider jaringan sedang maintenance atau koneksi internet yang terhubung ke smart tv tidak berfungsi dengan baiik.

Cobalah periksa kabel yang terhubung ke smart tv apakah sudah terpasang dengan baik, kemudian periksa koneksi internet dengan akses aplikasi lain. Jika berfungsi dengan baik, kemungkinan besar aplikasi youtube bermasalah disebabkan oleh hal lain.

2. Cabut Daya Listrik

Cobalah cabut daya listrik yang terhubung ke smart tv, cara ini biasanya dapat bekerja dengan baik untuk mengatasi aplikasi youtube bermaslah.

Cabut daya listrik selama ± 2 menit kemudian pasang kembali daya listrik smart tv dan hidupkan. Lihat apakah youtube sudah berjalan dengan baik atau belum.

3. Hapus Data atau Cache

Untuk menghapus data atau cache aplikasi yutube silahkan ikuti langkah berikut ini.

  • Klik menu Setelan
  • Pilih menu Aplikasi
  • Selanjutnya, cari nama aplikasi youtube dan klik aplikasi tersebut
  • Pilih hapus data 
  • Kemudian klik Ok
  • Proses penghapusan data aplikasi youtube berhasil, selanjutnya hapus cache dengan menggunakan cara yang sama namun klik pada pilihan Hapus Cache.
Dengan menggunakan cara tersebut akan mereset pengaturan youtube menjadi default dan menghapus seluruh riwayat penjelajahan yang pernah dilakukan.

4. Update Aplikasi Youtube

Periksa pembaruan aplikasi youtube dan gunakan aplikasi versi terbaru untuk menghindari kerusakan pada aplikasi.

Langkah-langkahnya

  • Buka aplikasi play store pada smart tv
  • Pilih account
  • Klik Update
  • Kemudian cari aplikasi youtube apakah ada pada daftar update atau tidak.
Jika aplikasi youtube tidak ada pada daftar update, hal tersebut menunjukan bahwa smart tv telah menggunakan youtube versi terbaru.

5. Reset ke Pengaturan Pabrik

Cara terahir untuk mengatasi aplikasi youtube smart tv bermasalah adalah mereset smart tv ke pengaturan pabrik.

Dengan melakukan cara ini akan membuat smart tv seperti kondisi baru dan kemungkinan kalian akan memerlukan pengaturan ulang seperti saat membeli tv dari toko.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi aplikasi youtube smart tv bermasalah yang dapat kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel