Cara Mengatasi Smart TV Tidak Ada Suara, Semua Tipe!

Cara mengatasi smart tv tidak ada suara - Smart tv tidak ada suara meskipun gambar normal memang membuat banyak orang berfikir bahwa tv mereka sedang mengalami kerusakan.

suara smart tv hilang tidak perlu panik dan khawatir, karna kamu bisa mengatasi masalah tersebut tanpa harus membawa smart tv ke tempat service. Namun untuk beberapa kasus, kamu memang harus membawa smart tv ke ahlinya agar bisa kembali normal.

Tv tidak ada suara gambar normal tidak hanya terjadi pada smart tv saja, LED, LCD maupun tabung juga dapat mengalami hal yang serupa. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh pengaturan yang salah hingga kerusakan pada IC Audio.

Kenapa Smart TV Tidak Ada Suaranya

Kenapa tv tidak ada suaranya merupakan pertanyaan yang pertama kali muncul ketika suara tv hilang. Ada beberapa penyebab mengapa smart tv tidak mengeluarkan suara. Berikut pembahasan lengkapnya.

1. Fitur Mute Aktif

Setiap tv mempunyai fitur mute yang bisa digunakan melalui remote. Biasanya tombol tersebut tidak sengaja tertekan sehingga menyebabkan suara tv hilang hanya menampilkan gambar saja.

2. Speaker TV Rusak

Speaker tv yang rusak juga bisa menjadi penyebab tv tidak mengeluarkan suara. Untuk mengetahui speaker tv rusak atau tidak, kamu bisa menghubungkan tv dengan speaker external.

Jika suara terdengar dengan jelas, maka bisa dipastikan bahwa speaker tv yang kamu miliki rusak dan perlu diperbaiki.

3. Blok Audio Bermasalah

Komponen blok audio IC audio yang bermasalah dapat mengakibatkan suara tidak muncul. Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu memilik keahlian elektronika untuk memeriksa komponen tersebut.

Dalam beberapa kasus, IC Audio rusak atau kaki-kakinya kendur sehingga tidak terpasang dengan baik dan harus dilakukan solder ulang.

Baca Juga : 

Cara Mengembalikan Suara TV Yang Hilang

Dibawah ini merupakan langkah - langkah untuk mengatasi kendala pada TV, dimana suara tidak keluar pada TV baik melalui internal maupun dari perangkat pendukung external (speaker, sound bar, home audio dan lain sebagainya)

Berikut adalah penduan dasar yang dapat Anda lakukan, saat mengalami kendala tidak ada suara :

Jika menggunakan speaker internal

  1. ekan tombol “ Menu “ pada remote control
  2. Lalu Pilih “ Sound/Suara “
  3. Kemudian pilih  “ Sound Output “ Jika suara TV hanya menggunakan Speaker internal TV saja maka pilih sound outputnya “ TV Speaker “.

Jika menggunakan speaker external

  1. Tekan tombol “ Menu “pada remote control
  2. Lalu Pilih “ Sound/Suara “
  3. Pilih “ Sound Output “ kemudian pilih “ Audio Out/Optical “

Itulah informasi mengenai cara mengatasi smart tv tidak ada suara yang bisa kami bagikan semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel